Senin, 16 Januari 2017

Tips Mengajarkan Anak Bermain Bersama Teman

manfaat bermain dengan teman
Bersosialisasi dapat dipelajari melalui kegiatan bermain bersama teman


Mengajarkan anak berosialisasi sejak dini dapat meningkatkan kecerdasan anak. Bersosialisasi dipelajari si kecil melalui kegiatan bermain dengan teman-teman sebayanya. Bermain dengan teman sebaya memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. Manfaat bermain dengan teman adalah meningkatkan rasa percaya diri anak, anak menjadi mudah bergaul, anak lebih ceria, anak menjadi lebih cerdas, dan sebagainya. Berikut tips mengajarkan anak bermain bersama temannya :


Berikan Contoh Komunikasi yang Baik

Orangtua bisa memberikan contoh bersosialisasi yang baik dengan membawa anak saat Anda sedang berbincang-bincang dengan banyak orang. Berikan contoh respon atau reaksi yang baik saat menanggapi pembicaraan orang lain. Dengan begitu anak akan mencontoh prinsip-prinsip berkomunikasi dalam bersosialisasi yang benar.


Fasilitasi untuk Tempat Bermain

Berikan ruang yang bebas untuk anak dan teman-temannya bermain. Sediakan berbagai permainan yang dapat mengekspresikan diri anak sehingga ia pun semakin berkembang dan lebih percaya diri.


Ajarkan pada Anak Etika Bermain

Ajarkan pada anak apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan kepada teman-temannya. Misalnya : ajarkan bahwa bertengkar, berkata kotor, memukul  itu tidak baik dan tidak boleh dilakukan. Ajarkan apa yang harus dilakukan anak pada saat temannya berbuat buruk. Ajarkan pula pada ananda untuk selalu berkata terima kasih apabila mendapat bantuan dan meminta maaf jika dia berbuat salah.



Beberapa tips diatas bisa Anda terapkan untuk mengajarkan pada anak bagaimana cara yang baik bermain bersama teman-temannya. Yuk Bun, ajarkan si kecil bersosialisasi dengan teman sebaya!


Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar