Minggu, 15 Januari 2017

Kiat Mengajarkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini

kecakapan hidup anak usia dini
Life skill sangat berpengaruh pada proses interaksi anak


Kecakapan hidup anak usia dini perlu dilatih. Kecakapan hidup atau life skills merupakan ketrampilan yang membantu anak sukses dalam lingkungannya. Menurut WHO, life skills adalah kemampuan orang untuk beradaptasi dan berperilaku positif sehingga orang tersebut mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungannya sehari-hari. Life skills sangat berpengaruh terhadap proses interaksi anak dengan lingkungannya. Para orang tua harus tahu cara mengajarkan kecakapan hidup anak usia dini. Hal –hal berikut perlu diperhatikan :


Cara Berkomunikasi Kepada Anak

Orangtua harus mencontohkan cara bicara yang baik, sopan dan menggunakan bahasa yang benar. Jika life skill dalam berkomunikasi ini dapat ditanamkan pada anak sejak dini, anak akan menjadi pribadi yang cerdas dalam mengungkapkan pemikirannya.


Menjadi Role Model

Sudah menjadi kewajiban bagi orang tua untuk menjadi role model yang baik untuk anaknya. Anak akan mencontoh apapun yang dilakukan orang tuanya. Perilaku atau sikap baik dari orang tua akan menurun kepada anak. Perilaku yang baik membantu anak untuk dapat dengan mudah diterima dalam berbagai macam lingkungan dan dapat mengenal teman dengan mudah.


Disiplin dan Konsisten


Ajarkan life skilsl tentang kedisiplinan dan konsistensi pada anak. Menjadi pribadi yang disiplin dan konsisten mengajarkan anak untuk lebih percaya diri, mampu membuat keputusan yang baik untuk dirinya, dan melakukan hal-hal yang sesuai. Anak dengan life skill ini mempunyai teman yang banyak karena jauh dari perilaku berbohong.


Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar