Kamis, 12 Januari 2017

Cara Mengajarkan Anak Mengenal Emosinya

mengajarkan anak mengendalikan emosi
Seorang anak perlu mengenal emosinya dan memahami penggunaan emosi yang benar


Penting bagi seorang anak untuk memahami penggunaan emosi dengan benar. Penggunaan emosi yang tepat dan tidak berlebihan membantunya dalam menjalin hubungan yang baik dengan teman-teman sebayanya. Para orang tua perlu memahami cara mengajarkan anak mengendalikan emosi.


Kenalkan Macam Emosi Padanya

Kenalkan macam-macam ekspresi atau emosi pada anak melalui gambar atau bermain peran. Tunjukkan gambar mana yang disebut, tersenyum, tertawa, sedih, menangis, marah, terkejut, dan lainnya.


Tunjukkan Cara Mengekspresikan Emosi yang Benar

Berikan contoh pada anak cara mengekspresikan gambar emosi yang ada dengan pengantar kata-kata. Misalnya dengan mengucap  “Bunda bahagia”, lalu Bunda sambil tersenyum atau tertawa. Berikan umpan balik ketika anak sedang mengekspresikan emosinya. Misal saat anak sedang tertawa, Bunda menanyakan “Adik sedang bahagia ya?”.


Mengajarkan Anak Mengendalikan Emosi


Ajarkan anak untuk memahami bahwa setiap emosi tersebut ada alasan dan artinya. Sehingga anak tidak bermain dengan emosi yang salah, seperti tertawa berlebihan ketika pada situasi sedih, atau bersedih saat tidak ada pemicu apapun. Selalu tanyakan ulang setiap ekspresi yang ditunjukkan anak dan beri perhatian lebih terhadap alasannya. Misalnya ketika wajah anak merengut setelah bermain dengan temannya, Bunda bisa bertanya “Adik sedih ya? Kenapa bersedih?”. Berikan perhatian terhadap rasa sedih yang dirasakan anak, pamahi keinginannya, dan berikan pengertian bahwa emosi lain bisa lebih tepat digunakan. 


Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar