Kamis, 01 Desember 2016

Bunda, Hati-hati Menjaga Cara Berbicara di Depan Anak

Anak-anak mampu menangkap dan menyerap apapun di sekitarnya dengan cepat, termasuk bahasa dan kata-kata


Anak-anak memiliki tingkat konsentrasi yang lebih tinggi dan mampu menangkap dan menyerap apapun di sekitarnya dengan cepat, termasuk bahasa dan kata-kata. Meskipun mereka sedang sibuk dengan mainannya, anak-anak mampu menangkap semua situasi dan perkataan yang ia temukan sehari-hari. Nah, itu sebabnya Bunda dan Ayah harus waspada tentang hal yang ingin dibicarakan di sekitar anak. Bicarakan hal-hal baik dengan menggunakan kata-kata yang baik. Dengan begitu, anak akan mencontoh hal-hal baik yang Anda lakukan. Jika Bunda dan Ayah mengucapkan kata-kata yang buruk, tentu jangan kaget kalau suatu hari anak akan menggunakan kata-kata buruk dalam berkomunikasi. Berikut poin-poin penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga cara berbicara di depan anak.


Tentukan Penggunaan Kata-kata

Gunakan kata-kata yang baik, sopan, dan positif. Hindari percakapan tentang hal yang mengerikan dan menyedihkan. Percakapan tentang hal menyenangkan lebih baik untuk tumbuh kembang anak.


Tunda Percakapan yang Sensitif

Sebelum membicarakan hal yang sensitif, Bunda dan Ayah perlu mengetahui keberadaan dan posisi anak. Usahakan membicarakan hal sensitif dengan pasangan ketika anak sedang tertidur.


Selalu Pikirkan Efek Jika Anak Tidak Sengaja Mendengar


Tanamkan pada diri Bunda dan Ayah bahwa setiap kata yang muncul dari diri Anda akan didengar dan diserap oleh anak. Sehingga Bunda dan Ayah akan selalu waspada dalam menggunakan kata-kata.


Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar