Selasa, 29 November 2016

Cara Mencegah Stres pada Anak Menjelang Ujian

Kita sebagai orang tua harus mengetahui cara mengatasi stres menjelang ujian pada anak


Kata ujian memang cukup menakutkan dan menjadi hal yang mengerikan untuk anak usia sekolah. Anak harus mempelajari semua materi agar memperoleh nilai yang baik. Nilai yang baik saat ujian memberikan dampak sosial pada anak di lingkungan sekolahnya. Dampak sosial yang berlaku yaitu jika mendapat nilai baik, maka anak akan dianggap pintar oleh teman-temannya, banyak teman yang mau bermain dengannya, menjadi murid favorit dari guru, dan sebagainya. Sebaliknya, jika nilai yang didapatkan buruk, dampak sosial yang buruk juga akan didapatnya seperti diejek oleh teman, mendapat sindiran dari guru, rasa malu, kemungkinan tidak lulus, dan sebagainya. Dengan adanya dampak sosial yang kontras terhadap hasil ujian ini, anak menjadi stres saat menjelang ujian. Jika stres tersebut terjadi berangsur-angsur tentu akan memberikan dampak yang tidak sehat untuk anak. Maka, kita sebagai orang tua harus mengetahui cara mengatasi stres menjelang ujian pada anak.


Buat Rencana Belajar

Membantu membuat rencana belajar untuk anak sangatlah bermanfaat. Ia dapat meringankan dari rasa lelah saat belajar karena kegiatan lebih terencana.


Berikan Fasilitas yang Nyaman

Sediakan tempat belajar dengan lingkungan yang nyaman untuk anak. Bantu anak untuk mengatur buku-bukunya yang menjadi materi ujian. Bantu anak mempersiapkan kartu ujiannya, pensil, dan perlengkapan ujian lainnya sehingga anak merasa lebih siap.


Dukunglah Usaha Belajarnya

Berikan motivasi untuk menyemangati proses belajar anak dan berikan apresiasi terhadap usaha yang sudah dilakukan. Jangan pernah menuntut nilai yang sempurna, namun berikan apresiasi terhadap hasil apapun yang diperoleh.


Baca juga:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar